Keputusan Produk

Sasaran pembelajaran

–          Mengetahui perbedaan antara lokal, nasional, internasional & merek global

–          Alternatif pembelajaran untuk memposisikan merek global

–          Menghargai pentingnya tingkatan kejenuhan

–          Menumbuhkan kesadaran akan sikap dan pertimbangan disain ke arah negeri asal

–          Mengetahui mengapa pengembangan produksi baru adalah kunci ke survival dan pertumbuhan global

 

Konsep dasar Produk

–          Produk dapat digambarkan sebagai suatu koleksi phisik, atribut simbolis dan psikologis yang terkadang secara bersamaan menghasilkan kepuasan, atau manfaat, bagi seorang pemakai atau pembeli.

–          Produk dapat digolongkan ke dalam golongan konsumen & barang penghasil barang

–          Produk dapat digolongkan sebagai persediaan atau jangka hidup mereka

 

Lokal, Nasional, Internasional dan Produk Global

–    Produk lokal ditawarkan di dalam sebagian dari suatu pasar nasional

–     Produk nasional ditawarkan di dalam Pasar nasional tunggal

–    Produk internasional ditawarkan di dalam pasar multinasional, yang regional

–   Produk global ditawarkan di dalam pasar yang global. Pangsa pasar adalah internasional dan multi-regional

 

Merek Global

–     Suatu lambang tentang pelanggan dengan kaitan mempunyai kepercayaan& persepsi

–     Nama sama atau maksud/arti sama di dalam bahasa yang lain

–     Gambaran serupa & posisi

–     Dipandu oleh prinsip strategi yang sama

–     Bauran pemasaran dapat bertukar-tukar dari negeri ke negeri

 

Memposisikan Produk dan jasa

–     Berguna atau Bermanfaat

–     Berkualitas/berharga

–     Pemakai/memakai

–     Dapat memposisikan teknik dengan canggih

–     Dapat memposisikan teknik dengan teliti

 

Kejenuhan Produk di dalam Mengukur Pasar Global

–     Banyak faktor yang menentukan suatu produk berpotensi pasar

–     Tingkatan kejenuhan produk meningkat ketika pendapatan negara per kapita meningkat

–     Ketidakhadiran atau kehadiran dari suatu produk pesaing tertentu dapat menjadikan hat penting

 

Produk dan jasa Mendisain Pertimbangan

–     Pilihan

–     Biaya-Biaya

–     Peraturan dan Hukum

–     Kecocokan

–     Label dan instruksi

 

Sikap ke arah pengembangan sebelumnya

–     Sikap yang ditiru ke arah produk asing & jasa dapat menyukai atau menyaingi dalam memasarkan usaha

–     Jika mutu dirasa menjadi rendah

*    produk asing dapat disamarkan atau dapat dibajak

*    Identifikasi luar yang menyangkut produk dapat dilanjutkan sehingga sikap konsumen ke arah produk dapat diubah

–     Dalam beberapa segmen pasar produk asing mempunyai suatu keuntungan yang pasti/menjanjikan sebab produk mereka khusus

 

Alternatif Perluasan Strategis Mengenai Pemetaannya

 

Strategi 2: Perluasan Produk, Adaptasi Komunikasi

Contoh: Sekuter

 

Strategi 4: Adaptasi atau Adaptasi Rangkap dalam Produk/Komunikasi

Contoh: Pelunak pabrik Unilever

 

Strategi 1: Perluasan atau Perluasan Jaringan dengan Produk/Komunikasi

Contoh: Campbell Sup

 

Strategi 3: Adaptasi Produk, Perluasan Komunikasi

Contoh: Exxon

 

berbeda

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sama

Sama                           Produk                                       berbada

 

Perencanaan Produk Global: Alternatif strategis untuk berkembang ke dalam pasar global

 

Strategi 1: Perluasan atau Perluasan Jaringan dengan Produk/Komunikasi

–     Perusahaan menjual persisnya produk yang sama atau jasa dengan iklan yang sama yang digunakan dalam area pemasaran awal

–     Perusahaan berasumsi bahwa semua pasar sama

–     Tidak bekerja dalam semua pasar

–     Sering menggunakan biaya-biaya dalam perluasan produk/komunikasi

Contoh: Campbell Sup

 

Strategi 2: Perluasan Produk, Adaptasi Komunikasi

–     Jika produk melayani kebutuhan berbeda dalam berbagai negara-negara, hanya komunikasi pemasaran yang mungkin dapat melakukan proses adaptasi

–     Adaptasi dapat terjadi dengan sengaja atau tidak disengaja

–     Implementasi rendah penyebab produk tidak berubah

Contoh: Sekuter

Strategi 3: Adaptasi Produk, Perluasan Komunikasi

–     Produk merupakan penyesuaian diri melalui pangsa pasar yang baru, tetapi dasar melakukan strategi komunikasi dapat menimbulkan perubahan

–     Produk merupakan penyesuaian diri dengan lingkungan dan pilihan bagi konsumen di dalam pasar yang baru

Contoh: Exxon

 

Strategi 4: Adaptasi atau Adaptasi Rangkap dalam Produk/Komunikasi

–     Penggunaan Adaptasi Rangkap adalah perusahaan harus menyesuaikan produk atau jasa seperti halnya pemasaran komunikasi kepada pangsa pasar asing

Contoh: Pelunak pabrik Unilever

 

Strategi 5: Penemuan Produk

–     Menuntut tetapi berpotensi memberi penghargaan strategi untuk mencapai pasar umum di dalam LDCS

–     Mutu produk adalah penting tetapi harus didukung dengan imajinatif, bernilai penciptaan iklan & pemasaran komunikasi

 

Bagaimana cara Memilih suatu Strategi

– 3 Tahap:

– Pangsa Pasar – motivasi utama akan membuang kapasitas kelebihan

– Nasionalis – melihat bahwa adaptasi sebagai satu-satunya alternatif

– Pemasaran Umum – mengevaluasi ke berbagai negara-negara dengan beberapa standardisasi & beberapa perbandingan

 

Pembaruan Produksi dan Jasa dalam Pemasaran Global (1)

–     Pembaruan perusahaan dan konsumen (produk/inivasi layanan)

–     Pembaruan pada konsumen tetapi tidak untuk perusahaan (Produk/Jasa atau perluasan jaringan)

–     Pembaruan pada konsumen namun tidak pada perusahaan (Produksi baru atau bentuk jasa lainnya)

 

Produk baru dan Jasa di dalam Pemasaran Global (2)

– Proses pengambangan produk baru:

*    Mengidentifikasi gagasan terbaru dari produk sebelumnya

*    Penyaringan identifikasi dan gagasan tambahan untuk penyelidikan lebih lanjut

*    Analisa dan penyelidikan terukur menyangkut produksi baru gagasan yang terpilih

* Pengorganisasian sumber daya yang cukup

– Permulaan produks pada tingkatan internasional

– Pengujian produks baru & jasa di dalam pasar nasional

 

Pembaruan Produksi di dalam Pasar Global yang Pesat

–     Perusahaan global dalam bersaing harus mendunia

–     Terpusat pada satu atau beberapa bisnis

–     Pengaturan yang berpengalaman sebagai modal dasar

–     Tindakan & pertahanan yang baik & pikiran yang matang dengan sangat cermat

–     Memahami pentingnya kecepatan dalam menjual

 

Ringkasan

–     Produk dan jasa adalah unsur-unsur utama dari program pemasaran

–     Faktor terpenting adalah: pilihan, biaya-biaya, peraturan dan hukum, dan kesesuaian

–     Lima alternatif strategis untuk perluasan pemasaran:

– Perluasan Produk/Komunikasi, adaptasi jaringan produk/komunikasi, adaptasi perluasan produk/komunikasi, penemuan produk dan adaptasi rangkap

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan komentar