Sasaran pembelajaran
– Mengetahui perbedaan antara lokal, nasional, internasional & merek global
– Alternatif pembelajaran untuk memposisikan merek global
– Menghargai pentingnya tingkatan kejenuhan
– Menumbuhkan kesadaran akan sikap dan pertimbangan disain ke arah negeri asal
– Mengetahui mengapa pengembangan produksi baru adalah kunci ke survival dan pertumbuhan global
Konsep dasar Produk
– Produk dapat digambarkan sebagai suatu koleksi phisik, atribut simbolis dan psikologis yang terkadang secara bersamaan menghasilkan kepuasan, atau manfaat, bagi seorang pemakai atau pembeli.
– Produk dapat digolongkan ke dalam golongan konsumen & barang penghasil barang
– Produk dapat digolongkan sebagai persediaan atau jangka hidup mereka
Lokal, Nasional, Internasional dan Produk Global
– Produk lokal ditawarkan di dalam sebagian dari suatu pasar nasional
– Produk nasional ditawarkan di dalam Pasar nasional tunggal
– Produk internasional ditawarkan di dalam pasar multinasional, yang regional
– Produk global ditawarkan di dalam pasar yang global. Pangsa pasar adalah internasional dan multi-regional
Merek Global
– Suatu lambang tentang pelanggan dengan kaitan mempunyai kepercayaan& persepsi
– Nama sama atau maksud/arti sama di dalam bahasa yang lain
– Gambaran serupa & posisi
– Dipandu oleh prinsip strategi yang sama
– Bauran pemasaran dapat bertukar-tukar dari negeri ke negeri
Memposisikan Produk dan jasa
– Berguna atau Bermanfaat
– Berkualitas/berharga
– Pemakai/memakai
– Dapat memposisikan teknik dengan canggih
– Dapat memposisikan teknik dengan teliti
Kejenuhan Produk di dalam Mengukur Pasar Global
– Banyak faktor yang menentukan suatu produk berpotensi pasar
– Tingkatan kejenuhan produk meningkat ketika pendapatan negara per kapita meningkat
– Ketidakhadiran atau kehadiran dari suatu produk pesaing tertentu dapat menjadikan hat penting
Produk dan jasa Mendisain Pertimbangan
– Pilihan
– Biaya-Biaya
– Peraturan dan Hukum
– Kecocokan
– Label dan instruksi
Sikap ke arah pengembangan sebelumnya
– Sikap yang ditiru ke arah produk asing & jasa dapat menyukai atau menyaingi dalam memasarkan usaha
– Jika mutu dirasa menjadi rendah
* produk asing dapat disamarkan atau dapat dibajak
* Identifikasi luar yang menyangkut produk dapat dilanjutkan sehingga sikap konsumen ke arah produk dapat diubah
– Dalam beberapa segmen pasar produk asing mempunyai suatu keuntungan yang pasti/menjanjikan sebab produk mereka khusus
Alternatif Perluasan Strategis Mengenai Pemetaannya
Strategi 2: Perluasan Produk, Adaptasi Komunikasi
Contoh: Sekuter
|
Strategi 4: Adaptasi atau Adaptasi Rangkap dalam Produk/Komunikasi
Contoh: Pelunak pabrik Unilever
|
Strategi 1: Perluasan atau Perluasan Jaringan dengan Produk/Komunikasi
Contoh: Campbell Sup
|
Strategi 3: Adaptasi Produk, Perluasan Komunikasi
Contoh: Exxon
|
berbeda
Sama
Sama Produk berbada
Perencanaan Produk Global: Alternatif strategis untuk berkembang ke dalam pasar global
Strategi 1: Perluasan atau Perluasan Jaringan dengan Produk/Komunikasi
– Perusahaan menjual persisnya produk yang sama atau jasa dengan iklan yang sama yang digunakan dalam area pemasaran awal
– Perusahaan berasumsi bahwa semua pasar sama
– Tidak bekerja dalam semua pasar
– Sering menggunakan biaya-biaya dalam perluasan produk/komunikasi
Contoh: Campbell Sup
Strategi 2: Perluasan Produk, Adaptasi Komunikasi
– Jika produk melayani kebutuhan berbeda dalam berbagai negara-negara, hanya komunikasi pemasaran yang mungkin dapat melakukan proses adaptasi
– Adaptasi dapat terjadi dengan sengaja atau tidak disengaja
– Implementasi rendah penyebab produk tidak berubah
Contoh: Sekuter
Strategi 3: Adaptasi Produk, Perluasan Komunikasi
– Produk merupakan penyesuaian diri melalui pangsa pasar yang baru, tetapi dasar melakukan strategi komunikasi dapat menimbulkan perubahan
– Produk merupakan penyesuaian diri dengan lingkungan dan pilihan bagi konsumen di dalam pasar yang baru
Contoh: Exxon
Strategi 4: Adaptasi atau Adaptasi Rangkap dalam Produk/Komunikasi
– Penggunaan Adaptasi Rangkap adalah perusahaan harus menyesuaikan produk atau jasa seperti halnya pemasaran komunikasi kepada pangsa pasar asing
Contoh: Pelunak pabrik Unilever
Strategi 5: Penemuan Produk
– Menuntut tetapi berpotensi memberi penghargaan strategi untuk mencapai pasar umum di dalam LDCS
– Mutu produk adalah penting tetapi harus didukung dengan imajinatif, bernilai penciptaan iklan & pemasaran komunikasi
Bagaimana cara Memilih suatu Strategi
– 3 Tahap:
– Pangsa Pasar – motivasi utama akan membuang kapasitas kelebihan
– Nasionalis – melihat bahwa adaptasi sebagai satu-satunya alternatif
– Pemasaran Umum – mengevaluasi ke berbagai negara-negara dengan beberapa standardisasi & beberapa perbandingan
Pembaruan Produksi dan Jasa dalam Pemasaran Global (1)
– Pembaruan perusahaan dan konsumen (produk/inivasi layanan)
– Pembaruan pada konsumen tetapi tidak untuk perusahaan (Produk/Jasa atau perluasan jaringan)
– Pembaruan pada konsumen namun tidak pada perusahaan (Produksi baru atau bentuk jasa lainnya)
Produk baru dan Jasa di dalam Pemasaran Global (2)
– Proses pengambangan produk baru:
* Mengidentifikasi gagasan terbaru dari produk sebelumnya
* Penyaringan identifikasi dan gagasan tambahan untuk penyelidikan lebih lanjut
* Analisa dan penyelidikan terukur menyangkut produksi baru gagasan yang terpilih
* Pengorganisasian sumber daya yang cukup
– Permulaan produks pada tingkatan internasional
– Pengujian produks baru & jasa di dalam pasar nasional
Pembaruan Produksi di dalam Pasar Global yang Pesat
– Perusahaan global dalam bersaing harus mendunia
– Terpusat pada satu atau beberapa bisnis
– Pengaturan yang berpengalaman sebagai modal dasar
– Tindakan & pertahanan yang baik & pikiran yang matang dengan sangat cermat
– Memahami pentingnya kecepatan dalam menjual
Ringkasan
– Produk dan jasa adalah unsur-unsur utama dari program pemasaran
– Faktor terpenting adalah: pilihan, biaya-biaya, peraturan dan hukum, dan kesesuaian
– Lima alternatif strategis untuk perluasan pemasaran:
– Perluasan Produk/Komunikasi, adaptasi jaringan produk/komunikasi, adaptasi perluasan produk/komunikasi, penemuan produk dan adaptasi rangkap