Metode Riset

tema : analisis fundamental terhadap saham

judul : analisis pengaruh faktor fundamental dan Resiko sistematik terhadap harga saham pada industri properti dan real estate di bursa Efek indonesia

latar belakang :

Investor perlu melakukan analisis sebelum berinvestasi, khususnya adalah investasi dalam saham biasanya investor akan melakukan analisis fundamental ataupun analisis teknikal. Disamping analisis fundamental, investor harus memperhatikan resiko pasar saham. Resiko pasar disebut juga resiko sistematik. Risiko pasar berhubungan erat dengan perubahan harga saham jenis tertentu atau kelompok tertentu yang disebabkan oleh antisipasi investor terhadap perubahan tingkat kembalian yang diharapkan. Untuk mengukur risiko ini dapat digunakan beta (β) yang menjelaskan return saham yang diharapkan. Beta merupakan pengukur yang tepat dari indeks pasar karena risiko suatu sekuritas yang diversifikasikan dengan baik, tergantung pada kepekaan masing-masing saham terhadap perubahan pasar yaitu pada beta saham-saham tersebut.

Investasi di bidang properti pada umumnya bersifat jangka panjang dan akan bertumbuh sejalan dengan pertumbuhan ekonomi. Namun sejak krisis ekonomi tahun 1998, banyak perusahaan pengembang mengalami kesulitan karena memiliki hutang dolar Amerika dalam jumlah besar. Suku bunga kredit melonjak hingga 50% sehingga pengembang kesulitan membayar cicilan kredit (Kompas 2003).

Namun pada tahun 2004, diperkirakan bisnis properti akan mengalami masa kejayaan seperti tahun 1996, dikarenakan siklus perkembangan properti setiap tujuh tahun sekali mengalami perubahan. Tahun 2007 diperkirakan properti mencapai puncaknya dan menuju titik balik sehingga developer sudah mengantisipasi kemungkinan risiko yang muncul di periode akan datang (Ciputra 2001)

Rumusan masalah :

Berdasarkan latar belakang di atas, maka permasalahan yang timbul adalah,

1. Apakah faktor-faktor fundamental Return On Total Asset(ROA), Return On Equity(ROE), Book Value (BV), Dividend Payout Ratio (DPR), Debt Equity Ratio (DER), dan risiko sistematik (beta) mempengaruhi harga saham Industri Properti dan Real Estate secara simultan?

2. Apakah faktor-faktor fundamental Return On Total Asset(ROA), Return On Equity(ROE), Book Value (BV), Dividend Payout Ratio (DPR), Debt Equity Ratio (DER), dan risiko sistematik (beta) mempengaruhi harga saham Industri Properti dan Real Estate secara parsial?

Tujuan :

Untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi harga saham secara simultan dan parsial dari analisis fundamental dan resiko sistematik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s