Perusahaan yang menerapkan Utilitarianisme

PT. Djarum

Sejak 1984, dikenal program Djarum Bakti Pendidikan. Program ini mrupakan wujud kepedulian Djarum untuk memberikan beasiswa kepada para mahasiswa Strata 1 (S1) yang berprestasi tinggi dari berbagai institute maupun perguruan tinggi di Indonesia. Baik perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta. Beberapa tahun belakangan, istilah Djarum Bakti Pendidikan telah berubah menjadi Djarum Beasiswa Plus atau lebih akrab dikenal dengan sebutan Beasiswa Djarum. Konsistensi pergantian nama ini dilakukan oleh CSR PT Djarum dibidang pendidikan yang memang akan selalu focus dan identik dengan pemberian beasiswa bagi siswa-siswi terbaik bangsa. Calon penerima Beasiswa Djarum bukan hanya akan melewati seleksi yang ketat. Mereka harus mempunyai persyaratan, baik IQ maupun EQ yang konsisten.

PT. Djarum sebagai sebuah perusahaan besar di Indonesia ternyata peduli terhadap perkembangan generasi penerus bangsa, hal ini bisa kita lihat dari penawaran beasiswa yang diselenggarakannya. Beasiswa Djarum memberikan tunjangan biaya pendidikan dan hidup sebesar Rp. 750 ribu selama satu tahun. Selain itu, para penerima beasiswa diberikan berbagai pelatihan dan keterampilan sebagai bekal hidupnya di masa depan.

Pembekalan dan pelatihan keterampilan yang diberikan Beasiswa Djarum antara lain :

1. Nation Building

2. Characters Building

3. Leadership Development

4. Competition Challenges

5. Community Empowerment

6. International Exposure

Itulah beberapa pelatihan yang diberikan. Bagaimana dan seperti apa pelatihan itu, berikut ini adalah penjelasannya :

Pelatihan 1 : Nation Building

Menguatkan wawasan kebangsaan Beswan Djarum tentang makna dan hakekat bangsa dan kebangsaan, melalui rangkaian acara talk show dan diskusi kebangsaan, cultural visit, serta pagelaran kesenian. Wawasan kebangsaan ini dibutuhkan Beswan Djarum sebagai bentuk kepercayaan diri dan rasa hormat diri sebagai bagian dari bangsa yang mampu bersaing dengan bangsa-bangsa lain di dunia.

Pelatihan 2 : Characters Building

Setelah memiliki dasar kebangsaan, para Beswan Djarum kembali menerima pelatihan tentang bagaimana menjadi pemimpin Indonesia yang berkarakter dan penuh tanggung jawab. Di sinilah mereka berproses menjadi pribadi mandiri dengan dibekali 6 karakter dasar: keterpercayaan, tanggung jawab, hormat, kesetaraan, kepedulian dan kewargaan.

Pelatihan 3 : Leadership Development

Serangkaian pelatihan yang mengajak para Beswan Djarum sebagai pemimpin visioner, komunikatif, dan mampu memotivasi serta membawa pengikutnya menuju perubahan yang lebih baik.

Pelatihan 4 : Competition Challenges

Rangkaian kegiatan kompetisi bagi sesama Beswan Djarum, diantaranya:

• Debate Competition: Suatu ajang kompetisi untuk membentuk kemampuan para Beswan Djarum dalam menyampaikan dan mempertahankan pendapatnya berdasarkan fakta atau teori yang telah mereka pelajari.

• Writing Competition: Merupakan wahana pembelajaran bagi para Beswan Djarum untuk mengekspresikan kemampuan intelektual dirinya dalam tulisan ilmiah, sekaligus juga merangsang kepekaan terhadap berbagai fenomena sesuai integritas keilmuan masing-masing.

• Blog Competition: Memberikan kesempatan untuk Beswan Djarum dan alumni dalam menuangkan pemikirannya atas suatu bidang tertantu dalam tulisan di media blog.

Pelatihan 5 : Community Empowerment

Beswan Djarum di beberapa daerah belajar untuk terjun ke masyarakat dan melihat problem sosial yang dihadapi oleh komunitas di sekitarnya. Mereka akan memberikan solusi atas beberapa problem sosial yang dihadapi sehingga akan didapatkan kehidupan yang lebih baik bagi komunitas di sekitarnya.

Pelatihan 6 : International Exposure

Mendukung dan memfasilitasi para Beswan Djarum untuk terus berprestasi mengharumkan nama bangsa Indonesia melalui berbagai kegiatan kompetisi berskala internasional.

Sebuah kebanggan untuk ikut berperan menjunjung martabat negeri Melewati usia seperempat abad lebih program ini berjalan, sudah ada 7777 mahasiswa – mahasiswi dari 98 Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia telah menerima Djarum Beasiswa Plus. Djarum Foundation, melalui Program Djarum Beasiswa Plus, akan terus konsisten dan berusaha menjaga komitmen demi tercapainya masa depan yang penuh cita-cita luhur. Sebuah semangat yang tak akan pernah berhenti untuk terus melahirkan generasi berprestasi

 

Persyaratan untuk menjadi penerima Djarum Beasiswa Plus

UMUM :

1. Sedang menempuh Tingkat Pendidikan Strata 1 (S1) pada semester IV dari semua disiplin ilmu.

2. IPK minimum 3.00 pada semester III.

3. Dapat mempertahankan IPK minimum 3.00 hingga akhir semester IV.

4. Aktif mengikuti kegiatan organisasi baik di dalam maupun di luar Kampus.

5. Tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lain

ADMINISTRASI :

1. Mengisi Form Pendaftaran secara online di website Djarum Beasiswa Plus

2. Fotocopy Kartu Hasil Studi semester III.

3. Fotocopy sertifikat kegiatan organisasi/surat keterangan aktif berorganisasi.

4. Surat keterangan dari Kampus tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lain.

5. Satu lembar foto ukuran 4 x 6 cm berwarna memakai jas almamater.

 

Selain memberikan program beasiswa Djarum Beasiswa Plus kepada mahasiswa strata satu berprestasi tinggi, melalui Djarum Bakti Pendidikan, kami juga memberikan bantuan pendidikan kepada Sekolah atau Perguruan Tinggi yang membutuhkan dan juga program pelatihan yang dapat membekali para mahasiswa berprestasi tinggi untuk memasuki dunia kerja.

Djarum Beasiswa Plus mempunyai program lain berupa :

1. Road to Campus

Road to campus adalah program memberikan pelatihan ke Perguruan Tinggi di Indonesia yang diikuti oleh mahasiswa-mahasiswa di 8 kampus setiap tahunnya. Road to Campus diberikan mulai tahun 2007 dengan mendengarkan aspirasi/permintaan dari Perguruan Tinggi/Universitas untuk memberikan pelatihan soft skills kepada para mahasiswa lainnya secara lebih luas. Program ini diberikan oleh Djarum Bakti Pendidikan sebagai bentuk komitmennya terhadap dunia pendidikan sebagai salah satu upaya untuk memadukan antara pencapaian akademik (hard skills) yang diperoleh di kampus dengan berbagai ketrampilan agar para mahasiswa di kemudian hari menjadi manusia yang cakap intelegensia, emosional maupun spiritual sehingga lahir generasi muda yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan bangsa dalam mewujudkan masa depan yang lebih baik.

2. Bantuan fasilitas pendidikan Universitas Diponegoro

World class university merupakan impian bagi setiap perguruan tinggi di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Menyadari hal itu, Djarum Foundation berupaya untuk mendukung perguruan tinggi di Indonesia untuk mendapatkan predikat sebagai world class university. Langkah ini direalisasikan dengan memberikan bantuan fasilitas pendidikan kepada Universitas Diponegoro (UNDIP), Semarang. Bantuan fasilitas pendidikan yang diwujudkan dalam bentuk pembangun gedung perkuliahan baru dan perlengkapan sarana belajar, termasuk laboratorium komputer, Sistem Informasi Elektronik, perpustakaan dan koleksi bukunya, Student Lounge, serta ruang video conference. Bantuan ini diharapkan dapat melengkapi fasilitas belajar mengajar yang setara dengan Perguruan Tinggi kelas dunia.

3. Bantuan Pendidikan Universitas Paramadina

Bantuan Pendidikan Universitas Paramadina merupakan program kerja sama antara Universitas Paramadina dengan para donatur institusi di Indonesia. Djarum Bakti Pendidikan merupakan salah satu institusi yang ikut berkomitmen dalam program ini dengan memberikan beasiswa kepada mahasiswa yang memiliki potensi akademis maupun non-akademis untuk mengikuti pendidikan di Universitas Paramadina. Bantuan Pendidikan Universitas Paramadina adalah Bantuan Pendidikan yang nilai nominalnya (uang beasiswanya) diberikan langsung kepada pihak Universitas Paramadina dan pihak Universitas Paramadina yang mendistribusikan kepada yang bersangkutan. Dalam program ini mahasiswa juga mempertemukan secara periodik dengan para donor guna memperluas jaringan dan wawasan mereka. Program yang diberi nama Paramadina Fellowship Program ini pada setiap tahunnya memberikan: program beasiswa kepada mahasiswa semester 5-6, program beasiswa penuh (meliputi biaya kuliah, biaya buku dan biaya hidup selama 4 tahun) dan program fellowship S3.

4. Bantuan lembaga perguruan Taman Taruna Nusantara

Bantuan Pendidikan Lembaga Perguruan Taman Taruna Nusantara (LPTTN) adalah Bantuan Pendidikan untuk SMA Taruna Nusantara Magelang yang nilai nominalnya (uang beasiswanya) diberikan langsung kepada pihak sekolah dan pihak sekolah tersebut yang mendistribusikan kepada yang bersangkutan. SMA Taruna Nusantara dikelola oleh Lembaga Perguruan Taman Taruna Nusantara, yang menerima siswa dari SMP lulusan terbaik dari seluruh wilayah Indonesia merupakan sekolah unggulan yang bersifat kenusantaraan berdiri tahun 1990 di Magelang. Sekolah unggulan yang diawal pendiriannya mendapatkan sumber dana dari Departemen Pertahanan, sejak tahun 2001 mengelola pembiyaannya secara mandiri melalui sumbangan donatur dan iuran sekolah dari orang tua siswa. Bantuan Biaya Pendidikan yang kali pertama diterima oleh para siswa/siswi SMA ternama ini diberikan kepada 10 siswa/siswi SMA Taruna Nusantara yang memiliki prestasi terbaik namun kurang mampu secara ekonomi. Diharapkan bantuan ini bisa memacu semangat belajar para siswa untuk menjadi yang terbaik di kelasnya masing-masing. Sebuah kebanggaan tersendiri bagi kami, bahwa salah satu siswa penerima Bantuan Biaya Pendidikan, Guinandra Lutfan Jatikusumo, pada bulan April 2009 mengikuti kompetisi internasional International Competition Young Scientist di Polandia mewakili Indonesia dan berhasil memenangkan emas untuk bidang fisika.

 

Sumber : djarumbeasiswaplus.org dan anneahira.com/beasiswa-djarum.htm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s