Bab 4 – ANALISIS PENGARUH FAKTOR FUNDAMENTAL DAN RESIKO SISTEMATIK TERHADAP HARGA SAHAM PADA INDUSTRI PROPERTI DAN REAL ESTATE DI BURSA EFEK INDONESIA

1. Uji Asumsi Klasik

a. Uji Normalitas

Jumlah data yang dapat dipakai dalam penelitian ini adalah sebanyak 32 perusahaan dengan periode selama 5 tahun pada perusahaan yang bergerak di bidang Properti dan Real Estate. Total data berjumlah 160 data atau lebih dari 30 data, sehingga dapat diasumsikan bahwa data penelitian ini berdistribusi normal.

b. Uji Autokorelasi

Berdasarkan hasil pengujian, nilai Durbin Watson yang diperoleh adalah 1.923. Nilai tersebut dapat dinyatakan mendekati angka dua (R. Gunawan Sudarmanto, 2005: 143) Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak terjadi autokorelasi.

c. Uji Multikolinearitas

Hasil uji multikolinearitas dapat dilihat dari nilai VIF pada variabel bebas EPS, BVS, ROA, PBV, DPR, DER, dan BETA lebih kecil dari 10 dan tolerance > 0.10, sehingga dalam penelitian ini tidak terjadi multikolinearitas dalam model regresinya.

d. Uji Heteroskedatisitas

Hasil uji heteroskedatisitas menunjukkan bahwa lima (EPS, BVS, ROA, DPR, dan Beta) variabel yang memiliki nilai Signifikan (2-tailed) lebih besar dari alpha (sig>alp), sedangkan dua variable (PBV dan DER) memiliki sig kurang dari alpha (sig<alp). Artinya variabel tersebut (kecuali variabel PBV dan DER) tidak terjadi heterokedastisitas.

3.2 Uji HIpotesis

1. Uji F

Dari uji ANOVA atau F dapat diketahui bahwa nilai F hitung adalah 5.151 sedangkan F tabel (5;26;0.05) adalah 2.59, maka F hitung > F tabel dan dengan tingkat signifikansi 0.002 jauh lebih kecil dari α (0.05) , Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa H1 diterima atau dengan kata lain variabel bebas, yaitu EPS, BVS, ROA, DPR, dan Beta, secara simultan (bersama-sama) berpengaruh terhadap variabel terikat, yaitu harga saham pada industri properti dan real estate.

2. Uji T

Uji menunjukkan bahwa hanya ROA yang berpengaruh terhadap harga saham. Hal ini dikarenakan nilai signifikan dari ROA lebih kecil dari alpha yang telah ditentukan yaitu sebesar 0.05. Sedangkan untuk variabel yang lain tidak berpengaruh terhadap harga saham karena nilai signifikan lebih besar dari alpha sebesar 0.05.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s