(revisi jurnal 3 -bab1-bab2) Analisis Faktor Fundamental dan Resiko Sistematik Terhadap Harga Saham Pada Industri Dasar dan Kimia di Bursa Efek Indonesia (BEI)

Judul : Analisis Faktor Fundamental dan Resiko Sistematik Terhadap Harga Saham Pada Industri Dasar dan Kimia di Bursa Efek Indonesia (BEI)

Penulis : Ledi Lasni

Sumber : library.gunadarna.ac.id (Artikel_20205720)

Latar belakang

Krisis ekonomi yang melanda sebagian negara Asia 1997-1998 dan kenaikan harga minyak dunia pada tahun 2005 dan kedua kalinya pada tahun 2008 membuat harga bbm dalam negeri naik yang menyebabkan tingginya inflasi dan naiknya tingkat suku bunga, meningkatnya biaya produksi suatu perusahaan sehingga menurunkan daya beli masyarakat. Krisis ini telah berdampak terhadap pertumbuhan industri, sejak tahun 2004 sampai awal 2008 pertumbuhan Industri pupuk-kimia-barang dari karet menjadi cabang industri yang memiliki pertumbuhan tertinggi kedua, sebesar 6,23% di atas rata-rata per subsektor industri lain.

Krisis tersebut juga melanda pasar modal yaitu selama satu tahun, dari tahun 2007 hingga tahun 2008, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mengalami penurunan sebesar 50,64% dan untuk indeks sektoral Industri Dasar & Kimia mengalami penurunan sebesar 43.29%. Kondisi seperti ini dapat mempengaruhi pergerakan harga saham. Untuk itu dalam membuat suatu keputusan tentang saham perusahaan layak pilih di perlukan sejumlah informasi dan melakukan berbagai analisis yang berkaitan dengan dinamika harga saham.

Rumusan masalah

Berdasarkan latar belakang di atas, maka permasalahan yang timbul adalah “Apakah faktor-faktor fundamental ( ROE, ROI, BVS, PER, PBV, DER, DPR) dan risiko sistematik (beta) mempengaruhi harga saham perusahaan properti baik secara bersama-sama maupun secara parsial?”

Landasan Teori

Model penilaian untuk kepentingan analisis sekuritas, secara garis besar di kelompokkan menjadi dua analisis yaitu analisis teknikal dan analisis fundamental. Analisis fundamental menyatakan bahwa saham memiliki nilai instrinsik (nilai yang seharusnya) tertentu ( Abdul Halim, 2005:21 ). Nilai intrinsik suatu saham ditentukan oleh faktor-faktor fundamental yang mempengaruhinya.

Tujuan analisis fundamental adalah menentukan apakah nilai saham berada pada posisi undervalued atau overvalued. Saham dikatakan undervalued bilamana harga saham di pasar modal lebih kecil dari harga wajar atau nilai seharusnya, demikian sebaliknya.

Resiko sistematik merupakan resiko yang tidak dapat dihilangkan dengan melakukan diversifikasi, karena fluktuasi resiko ini dipengaruhi oleh faktor-faktor makro yang dapat mempengaruhi pasar secara keseluruhan (Abdul Halim, 2005:43).

Variabel ROE menunjukkan keuntungan yang akan dinikmati oleh pemilik saham. Variabel ROI menghubungkan keuntungan yang diperoleh dari operasinya perusahaan dengan jumlah investasi atau aktiva yang digunakan untuk menghasilkan keuntungan operasi tersebut. Variabel BVS mengukur nilai buku per lembar saham. Variabel PER menunjukkan seberapa tinggi harga suatu saham yang dibeli oleh investor dibandingkan dengan laba per saham yang dihasilkan. Variabel PBV menunjukkan seberapa tinggi harga suatu saham yang dibelioleh investor dibandingkan dengan nilai buku (book value) saham tersebut. Variabel DER mewakili proporsi hutang terhadap modal perusahaan. Variabel DPR mengukur perbandingan deviden terhadap laba perusahaan.

Hipotesis

H0 : Faktor Fundamental (ROA, ROE, BV, DPR, DER, r) dan risiko sistematik (beta) tidak berpengaruh terhadap harga saham industri dasar dan kimia..

Ha1 : Faktor fundamental (ROE, ROI, BVS, PER, PBV, DER, DPR) dan resiko sistematik (beta) mempengaruhi harga saham industri dasar dan kimia secara simultan.

Ha2 : Faktor fundamental (ROE, ROI, BVS, PER, PBV, DER, DPR) dan resiko sistematik (beta) mempengaruhi harga saham industri dasar dan kimia secara parsial.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s