(revisi jurnal 2 -bab1-bab2) analisis pengaruh faktor fundamental dan resiko sistematik terhadap harga saham pada industri properti dan real estate di bursa efek Indonesia

Judul : analisis pengaruh faktor fundamental dan resiko sistematik terhadap harga saham pada industri properti dan real estate di bursa efek Indonesia

Penulis : vernande nirohito

Sumber : library.gunadarma.ac.id (Artikel_21205260)

Latar belakang

Saham memiliki risiko paling tinggi di antara semua jenis instrumen investasi. Investor bisa kehilangan semua modalnya apabila emiten bangkrut. Namun kejadian bangkrutnya emiten jarang terjadi. Investor selalu mencari alternatif investasi yang memberikan return tertinggi dengan tingkat risiko tertentu. Untuk melakukan investasi dalam bentuk saham diperlukan analisis untuk mengukur nilai saham, yaitu analisis fundamental dan analisis teknikal.

Analisis fundamental berkaitan dengan penilaian kinerja perusahaan, tentang efektifitas dan efisiensi perusahaan mencapai sasarannya. Untuk menganalisis kinerja perusahaan dapat digunakan rasio keuangan yang terbagi dalam empat kelompok, yaitu rasio likuiditas, leverage, profitabilitas, dan aktivitas. Dengan analisis tersebut, para analisis mencoba memperkirakan harga saham dimasa yang akan datang dengan mengestimasi nilai dari faktor-faktor fundamental yang mempengaruhi harga saham dimasa yang akan datang dan menerapkan hubungan faktor-faktor tersebut sehingga diperoleh taksiran harga saham.

Di samping analisis fundamental, investor harus memperhatikan risiko pasar saham dalam investasi saham. Risiko pasar disebut juga risiko sistematis. Risiko pasar berhubungan erat dengan perubahan harga saham jenis tertentu atau kelompok tertentu yang disebabkan oleh antisipasi investor terhadap perubahan tingkat kembalian yang diharapkan. Untuk mengukur risiko ini dapat digunakan beta (β) yang menjelaskan return saham yang diharapkan. Beta merupakan pengukur yang tepat dari indeks pasar karena risiko suatu sekuritas yang diversifikasikan dengan baik, tergantung pada kepekaan masing-masing saham terhadap perubahan pasar yaitu pada beta saham-saham tersebut.

Rumusan Masalah

1. Apakah faktor-faktor fundamental (EPS, BVS, ROA, PBV, DPR, DER) dan resiko sistematik (beta) mempengaruhi harga saham Industri Properti dan Real Estate secara simultan?

2. Apakah faktor-faktor fundamental (EPS, BVS, ROA, PBV, DPR, DER) dan resiko sistematik (beta) mempengaruhi harga saham Industri Properti dan Real Estate secara parsial?

Tujuan Penelitian

Untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi harga saham secara simultan dan parsial dari analisis fundamental dan resiko sistematik.

Hipotesis

H1 : Faktor fundamental (EPS, BVS, ROA, PBV, DPR, DER) dan resiko sistematik (beta) mempengaruhi harga saham Industri Properti dan Real Estate secara simultan.

H2 : Faktor fundamental (EPS, BVS, ROA, PBV, DPR, DER) dan resiko sistematik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s